IMPLEMENTASI GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA
Grafik
komputer merupakan salah satu ilmu yang dipelajari di teknik informatika dan
ilmu komputer. Aplikasi grafik komputer ini sangat sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari. Untuk itu pemilihan software yang tepat akan sangat
membantu menciptakan bentuk-bentuk objek dengan realisme nyata. Borland C++
Builder Prefessional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menyediakan
tool-tool dan fungsi-fungsi untuk pembuatan aplikasi grafik.
Ada lagi fasilitas-fasilitas GDI (Grafical Device Interface) yang
dipunyai oleh Borland C++ Builder ini akan sangat memudahkan penggunanya dalam
menciptakan aplikasi grafik.
Borland C++ Builder menyediakan beberapa algoritma untuk
mempresentasikan objek agar terlihat lebih nyata.
Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Contoh Grafik komputer dalam
kehidupan sehari – hari :
1.Bidang hiburan,misalkan
pada film,grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
2.Bidang Pendidikan,grafik komputer pada
pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
3.Computer
Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya
seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan
abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel
Painter, GIMP.
4.Video
Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface
untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi
banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3
dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga
mobile
devices.
5.Computer-Aided
Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis
dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan
rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya.
Contoh
aplikasinya: AutoCAD.
6.Computer-Aided
Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE
digunakan Dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow
dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi:
Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual
Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana
user dapat Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3
dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3
dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam
lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy
untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa
mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih
perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image,
diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi
cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun
nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein,
strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Contoh
pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.Bidang
kesehatan, digunakan untuk rontgen
tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di
tubuh.
CONTOH
GAMBAR RONTGEN
CONTOH
GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELITE
3.Mikroskop
elektron adalah salah satu
contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan
mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat
kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron
sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga
2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan
dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk
mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi
dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis
penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas
lainnya.
Contoh
aplikasi lainnya :
* pemetaaan tutupan lahan dan
pendeteksian perubahan lahan
* penilaian pertanian dan monitoring
* manajemen pantai dan sumber daya laut
* explorasi mineral
* explorasi minyak dan gas
* manajemen sumber daya hutan
* perencanaan kota dan pendeteksian
perubahan lahan kota
* pemasangan dan perencanaan
telekomunikasi
* oseanografi fisik
* pemetaan topografis dan geologis
* pemetaan dan pendeteksian
es laut
Sumber :
0 comments