Sabrina Zahra Aulia's

i solemnly swear that i am up to no good.

Teori Organisasi Umum: Tugas 1.

By 11:24 PM

Pengertian Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja:

      Organisasi:

Organisasi berasal dari bahasa yunani yaitu "organon" yang artinya alat. Pada dasarnya organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang berkumpul, bekerjasama, secara rasional dan sistematis, terorganisasi, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memafaatkan sumber daya yang digunakan secara efektif dan efisien demi dan untuk mewujudkan tujuan bersama.

    Manajemen:

Manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen secara universal belum memiliki difenisi yang tepat dan dapat diterima. Mary Parker Follet mendifinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan tapi melalui orang lain, artinya seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien, manajemen perlu melewati beberapa proses , yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya.

    Tata Kerja:

Tata kerja adalah suatu cara atau metode yang bertujuan  untuk mencapai tingkat efesien, dan maksimal dengan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil sesuai dengan apa yang direncanakan.

Ciri-ciri Organisasi:

Prof. Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M. Com dan Dr. T. Hani Handoko dalam bukunya yang berjudul ‘Organisasi Perusahaan’ menjelaskannya sebagai berikut:

1.     Organisasi adalah lembaga sosial yang terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang diterapkan.

2.     Organisasi diterapkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu, organisasi adalah kreasi sosial yang memerlukan aturan dan kooperasi.

3.     Organisasi secara sadar dikoordinasikan dan dengan sengaja disusun. Kegiatan dibedakan menurut beberapa pola yang logis. Koordinasi bagian tugas ini memerlukan penugasan wewenang dan organisasi.

4.     Organisasi adalah instrument sosial yang mempunyai batasan-batasan yang secara relative dapat diidentifikasikan dan keberadaannya mempunyai basis yang relative permanen.

Unsur-unsur Organisasi:

Organisasi akan terbentuk jika tedapat unsur sebagai berikut ini:

·         Manusia (HumanFaktor): artinya organisasi akan ada atau terbentuk, jika adanyaa unsur manusia yang saling bekerjasama, ada terdapat pemimpin dan juga ada yang dipimpin.Sasaran atau tujuan: artinya sebuah organisasi baru ada jika adanya tujuan yang ingin dicapai.

·         Pekerjaan: menunjukkan bahwa sebuah organisasi baru ada jika terdapat pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian pekerjaan tersebut.

·         Teknologi: artinya organisasi itu baru ada kalau terdapat unsur-unsur teknis.

·         Tempat kedudukan, organisasi itu ada jika ada tempat kedudukannya.

·         Struktur: Organisasi tersebut baru ada jika ada hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya, sehingga terciptalah organisasi.

·         Lingkungan (Enviromental External Sosial System): Organisasi baru ada jika adanya lingkungan yang saling mempengaruhi, misalkan adanya sistem kerja sama sosial.


Tipe dan Bentuk Organisasi:

Tipe organisasi ada 4 macam yaitu :

1. Tipe Organisasi Garis/Line

Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk/struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana. Tipe organisasi ini diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah:

·         Organisasi masih kecil
·         Jumlah karyawan sedikit
·         Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungan dari tipe organisasi garis:

·         Mudah dimengerti dan dilaksanakan
·         Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
·         Merupakan jenis organisasi yang stabil
·         Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
·         Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugian dari tipe organisasi garis:

·         Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
·         Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
·         Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
·         Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar

 
2. Tipe Organisasi Fungsional

       Tipe ini diciptakan oleh F.W. Taylor. Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.    

 Keuntungan dari tipe organisasi fungsional:

·         Dapat diperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
·         Ada koordinasi yang baik
·         Memudahkan dalam pengawasan

 Kerugian dari tipe organisasi fungsional:

·         Banyak mengeluarkan biaya tambahan
·         Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan/konflik
·         Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.

 
3. Tipe organisasi Garis dan Staf

       Tipe ini merupakan gabungan dari tipe organisasi garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur organisasi tersebut.

4. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf

       Tipe ini adalah perpaduan antara tipe organisasi garis, fungsional, dan staf.

Struktur dan Bagan Organisasi:

Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan, sedangkan disetiap komponen dari organisasi tersebut adalah saling tergantung, yang apabila setiap bagian dapat dikelola dengan baik maka organisasi tersebut pun akan ikut membaik. Sedangkan pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada. Hal ini akan sangat mempengaruhi dalam kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut, lingkunan adalah faktor yang sangat mempengaruhi. Tentu dalam tujuan sebuah organisasi yang baik tidak akan mengorbankan lingkungan sekitar demi kepentingan organisasinya semata.

Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :

1. Bentuk Vertikal
2. Bentuk Mendatar / horizontal
3. Bentuk Lingkaran / circular
4. Bentuk Setengah lingkaran / semi Sircular
5. Bentuk Elliptical
6. Bentuk Piramida terbalik (Invented Piramid)

Bagan organisasi adalah suatu upaya dengan tulisan atau lisan untuk menunjukan tingkatan organisasi.

1. Bagan mendatar ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kea rah kanan atau sebaliknya.

2. Bagan Lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.

3. Bagan Setengah lingkaran ialah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kearah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya.

4. Bagan Elips ialah bentuk bagan satuan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat Elips ke arah bidang elips.

Sumber:

http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/

http://www.pengertianku.net/2014/05/pengertian-organisasi-dan-unsur-unsurnya.html

https://wayannirwansetiabudi.wordpress.com/2013/10/22/struktur-dan-skema-organisasi/



You Might Also Like

0 comments